ANTUSIASISME MASYARAKAT KOTA MAGELANG IKUTI LOMBA KAMPUNG RELIGI

“Toleransi Bangkit, Magelang Hebat”

KMS_KOTA MAGELANG (Minggu, 01 September 2024)

Kirab Budaya Kampung Religi yang digelar di Alun-alun Kota Magelang, Minggu (1/9/2024) merupakan puncak acara kegiatan Lomba Kampung Religi yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Magelang. Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur pemerintah seperti Bagian Kesejahteraan Rakyat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kementrian Agama Kota Magelang, Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Magelang, Kecamatan se Kota Magelang serta pendukung lainya.

Kegiatan yang dikoordinasi oleh Camat Magelang ini mendapat respon positif dari Masyarakat khususnya kampung Religi yang merupakan implementasi dari Program unggulan Wali Kota Magelang yaitu Programais. Lomba Kampung Religi dimulai tanggal 5 Agustus 2024 sampai dengan 1 September 2024 dengan rangkaian Lomba Administrasi dan Dokumentasi Kampung Religi, Lomba Cerdas Cernat Generasi Muda Kampung Religi, serta Lomba Kirab dan Yel-yel Kampung Religi.

Kegiatan yang mengangkat tema “Magelang Kota Moderasi Beragama” dengan tagline “Moderasi Bangkit, Magelang Hebat” menampilkan 17 Peserta perwakilan Kampung Religi se Kota Magelang beserta 40 kontingen dari berbagai unsur Organisasi Masyarakat,TNI, POLRI, Sekolah, Paskibra hingga kesenian yang turut meramaikan kegiatan ini. Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan Kirab Kampung Religi juga didukung dengan event Pasar UMKM Kampung Religi yang diselenggarakan di pusat Alon-alon Kota Magelang.

Ketua Penyelenggara Lomba Kampung Religi, Catur Adi Subagio menyampaikan “Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali persaudaraan antar umat beragama serta memupuk semangat toleransi yang sudah terjalin di tengah masyarakat”,

“Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membumikan program Kampung Religi yang dikemas melalui lomba yang terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan”, tambahnya. 

Asisten Pemerintahan Kota Magelang, Maryanto pada sesi membacakan sambutan tertulis Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menegaskan bahwa Kirab budaya ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga sebuah momentum yang mengajak untuk merenungkan betapa pentingnya nilai-nilai keberagaman dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari .

“ Kampung religi Kota Magelang ini adalah contoh nyata bagaimana masyarakat itu terdiri dari berbagai latar belakang agama dan budaya yang hidup berdampingan dengan damai dan harmonis”.

Pada sesi terakhir kegiatan disampaikan pemenang Lomba Kampung Religi sebagai berikut: 

Pemenang Lomba Administrasi dan Dokumentasi adalah:
1. Kampung Religi Tidar Warung, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan
2. Kampung Religi Ganten, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan
3. Kampung Religi Cemara Asri, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara

Pemenang Lomba Cerdas Cermat Generasi Muda adalah:
1. Generasi Muda Kampung Religi Tulung 2, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah
2. Generasi Muda Kampung Religi Polosari, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara
3. Generasi Muda Kampung Religi Jagoan 1, Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan

Pemenang Lomba Kirab dan Yel-yel adalah:
1. Kampung Religi Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan
2. Kampung Religi Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah
3. Kampung religi Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara

Selamat kepada selur pemenang 

Leave a Reply